Thursday, December 22, 2011

[SOLD] Landmaster SBCN003



Setelah meluncurkan Landmaster SBBW005 (thn 1993) dan Landmaster SBCW001 (thn 1994), Seiko mengeluarkan seri Landmaster Summiter SBCN003 di tahun 1997.

Berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan mesin Kinetic dan compass bezel, Landmaster SBCN003 merupakan satu-satunya Landmaster yang digerakkan dengan mesin quartz 7K32 (yang pintar) dan tidak memakai compass bezel.

Case terbuat dari material titanium, dengan total berat 94 gram (tergolong ringan untuk kategori tool watch sehingga nyaman dipakai). Diameter 46mm (termasuk crown, non screw down), panjang 43mm ,ketebalan 18,1mm dan lug 20mm. Sapphire crystal glass. 
Terdapat 2 buah crown yang terletak pada posisi jam 3 dan 4, sedangkan 3 tombol lainnya, digunakan untuk pengaturan alarm, tekanan udara dan interval pengukuran tekanan udara.  


 

Mesin quartz 7K32 (akurasi 15 detik/bulan) ini hanya dipakai pada 2 tipe jam Seiko, yaitu Landmaster Summiter SBCN003 dan Marinemaster SBCN005. (Di bawah ini adalah gambar Marinemaster SBCN005 - copyright by Badern)

 
Caliber 7K32 merupakan mesin jam analog multi fungsi dengan sensor tekanan udara dan dapat mengukur tekanan udara dari 500hPa hingga 1050hPa dalam skala 1hPa, yang ditunjukkan dengan jarum merah dan jarum putih berujung kuning.
Perubahan tekanan udara terdeteksi secara otomatis oleh jam ini dalam interval 10 menit dan juga bisa disetel untuk interval 5 detik! Jam ini juga mampu mencatat tekanan udara terendah yang dialami di memorinya sehingga memungkinkan kita untuk mengukur ketinggian maksimum berdasarkan skala altimeter pada bezel. Secara keseluruhan, Landmaster Summiter SBCN003 ini dapat disetarakan dengan altimeter sederhana.

Selain tanggal, Landmaster Summiter SBCN003 ini juga mempunyai fungsi alarm (dgn akurasi +/- 1 menit) dan fitur GMT, di mana jarum jam dapat digerakkan/disetel tanpa harus menghentikan jamnya. Sangat cocok untuk yang sering bepergian melintasi zona waktu yang berbeda.



Perhatikan bahwa Landmaster Summiter SBCN003 ini memiliki drilled hole pada kedua sisi lug, sedangkan Landmaster generasi sebelumnya, hanya memiliki drilled hole pada salah satu sisi lug saja.


Pada bagian caseback, disediakan tempat untuk menuliskan inisial nama, kebangsaan, golongan darah dan tanggal lahir. Data-data pribadi ini berfungsi untuk membantu identifikasi pemiliknya dalam keadaan darurat. 



Sebagai informasi tambahan, Ken Noguchi menggunakan jam Landmaster Summiter SBCN003 ini dalam upaya pertamanya menaklukkan Mount Everest (Sagarmatha) pada tahun 1997. Beliau berhasil menaklukkan ketujuh puncak tertinggi dunia pada usia 25 tahun.

No comments:

Post a Comment